Pages

Selasa, 25 November 2014

Jembatan Unik Dengan Ilusi Optik yang Keren

Jembatan dibangun sebagai sarana penghubung antar dua daratan. Fungsinya adalah untuk memudahkan transportasi. Menyeberang jadi mudah dengan adanya jembatan. Umumnya dibuat dari bahan besi atau beton dengan menggunakan tali baja. Hampir setiap hari kita menggunakan jembatan untuk memperlancar perjalanan. Anda bisa membayangkan dunia tanpa jembatan?

Tidak seperti jembatan pada umumnya, jembatan yang satu ini beda dari biasanya. Dengan bentuknya yang unik dan penuh dengan ilusi optik, membuat takjub dan heran bagi yang memandangnya. Inilah jembatan-jembatan unik yang punya ilusi optik nan keren.

1. Jembatan Unik "The Twist Bridge" - Belanda

Jembatan ini memiliki panjang 42 m. Jembatan yang menghubungkan
Broekpolder dengan distrik Holy-Zuid melalui Vlaardingse Vaart. Jembatan ini difungsikan bagi pejalan kaki dan pengendara sepeda. Dari jauh terlihat melintir seakan hendak roboh.

Jika anda melintasi jembatan ini harus masuk lewat bingkai yang berbentuk persegi panjang. Jangan melihat rangka jembatan, karena anda akan pusing dengan bentuknya yang melintir.
Tahukah anda bahwa dibalik bentuknya yang unik bertujuan untuk menguatkan konstruksi bangunan.


2. Jembatan "The Blinking Eye" - Inggris

Jembatan paling unik di dunia dengan 2 kurva melengkung yang terhubung. Jembatan ini dibuat dengan puluhan kawat baja.
Jembatan ini memiliki bentuk seperti kelopak mata yang berkedip. Inilah alasan penamaan jembatan tersebut. Berada di tepi sungai Tyne, kota Gateshead Inggris.

Karena kekuatan konstruksi jembatan, hanya sepeda dan pejalan kaki saja boleh melintasi jembatan ini. Jembatan ini dapat berputar 40 derajat tiap menitnya. Putaran ini seiring angin yang berhembus, serta kapal yang sedang melintasi  sungai Tynes.

3. Jembatan Unik "The Storseisundet Bridge" - Norwegia
Jika anda baru pertama melintasi jembatan ini, kemungkinan besar anda akan memutar arah anda untuk balik. Ini disebabkan kesan jembatan yang putus di pertengahan jalan. Sebenarnya anda sedang tertipu dengan ilusi optik yang didesain sedemikian rupa. Jembatan ini terletak di tepi barat Norwegia, Atlantic Road.
 


Jembatan "Storseisundet Bridge" ini mempunyai panjang 260 m dan ketinggian 130 meter dibangun pada tahun 2005 silam. Menjadi terkenal karena efek ilusinya. Jembatan unik ini dibuka pertama kali pada tahun 1989.
 
4. Jembatan Unik "The Roller Coaster Bridge" - Jerman
 

Nama jembatan ini mengingatkan kita terhadap permainan seru. Tapi ini adalah dirancang untuk pejalan kaki.

Wahana khusus pejalan kaki yang disebut
"Tiger Turtle-Magic Mountain" dirancang oleh 2 orang desainer ternama, Heike dan Ulrich.


Terlihat seperti roller coaster dari kejauhan, dengan lengkungan yang cukup rumit. Jika anda melintasi jalur wahana yang terlihat seperti penyeberangan ini, terlihat penampakan kota Duisburg yang keren. Jembatan ini terbuat dari 120 ton baja, dengan 249 anak tangga. Dengan tinggi 45 meter, jembatan mewah ini dihiasi lampu-lampu indah.

Pemandangan saat malam sangat berbeda dibanding siang hari. Wahana ini terletak di Jerman, kota Duisburg.

5. Jembatan unik "Trampoline Bridge" - Prancis
 

Perbedaan jembatan ini dibanding jembatan biasa adalah bahan penyusunnya yang terbentuk dari 3 trampolin super besar. Jembatan ini terletak di sungai Seine, kota Paris.


Sekilas terlihat bahwa jembatan dibatasi dinding melengkung, sebenarnya itu adalah sebuah trampolin raksasa. Jembatan ini dirancang oleh sebuah perusahaan arsitektur yang berpusat di Paris. Mempunyai 3 lengkungan dengan garis tengah sepanjang 30 meter. Bagian tepi trampolin yang terlihat seolah cincin PVC besar ini berisi 130 ribu meter kubik udara.


Cincin tersebut berfungsi untuk menopang jaring trampolin yang terbentang sekitar 100 kaki. Jika anda melewatinya, anda tidak perlu kawatir tercebur ke sungai karena anda dapat melompatinya.

6. Helium Bridge - Inggris
 

Jembatan terbang, terdengar sangat menyenangkan. Seniman asal Perancis, Olivier Grossetete membuatnya dengan menggunakan balon helium.


 Ide pembuatan jembatan unik ini adalah usaha untuk mewujudkan cerita fiktif, atau mimpi. Pernah dicoba penerbangannya di atas danau taman yang bergaya Jepang di kota Tatton, Inggris. Sekilas seperti jembatan biasa, namun saat dipijak jembatan akan melayang ke langit.


Menurut pembuatnya, jembatan ini dirancang dengan teknik dan ilmu desain. Kesulitan pembuatannya terletak pada faktor safety. Mungkin anda ingin menguji adrenalin, dengan menaikinya untuk terbang ke langit?

sumber: sicuy.com

0 komentar:

Posting Komentar